Malam Jajanan Pasar di Bulan Agustus

Assalammualaikum wr wb

Malam Jajan Pasar. 

Tradisi Agustusan, yang rutin selenggarakan di bulan Agustus pasca 17 Agustus, di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. 

Setelah upacara bendera di tanggal 17 Agustus, kemudian diikuti oleh lomba-lomba khas Agustusan yang diselenggarakan di setiap RT, maka terjadi lah tradisi malam jajanan pasar. 

Penyelenggaraannya gantian. Maksudnya, setiap kelurahan, di tiap-tiap RT bergiliran menyelenggarakn malam jajanan pasar. Jadi sejak tanggal 18 Agustus sampai 31 Agustus, setiapmalam akan ada malam jajanan pasar di RT yang berbeda, bergantian. 

Qadarullah, RT tempat saya tinggal dapat giliran di jumat malam tanggal 24 Agustus 2024.

Dan malam ini adalah malam perdana saya ikutan dalam perayaan Agustusan malam jajanan pasar tahun ini. 

Malam jajanan pasar adalah suatu malam (ciee) dimana semua warga sekelurahan (dari daerah lain juga boleh datang), datang ke satu RT yang lagi dapat giliran untuk menyelenggarakan malam jajanan pasar. 

Kita boleh datang ke setiap rumah di RT yang dapat giliran. Terus ikutan makan gratis rumah-rumah warga tersebut. Kita boleh  mendatangi semua rumah, kalau sanggup hehe. 

Malam ini rumah kami bikin somay. Jadi tamu yang datang kami suguhkan somay de. Boleh makan di tempat, boleh dibungkus dan dibawa pulang, take away gitu. 

Kami (saya dan suami) pun tak ingin ketinggalan untuk ikut merayakan malam Agustusan ini. Kami mengunjungi beberapa tetangga dekat, sekalian icip jajanan gratis. Kami mengunjungi tiga rumah, dapet wedang ronde, baso, jamu dan makanan kecil, dan semua makan di tempat, bukan take away. 

Malam jajanan pasar Agustusan ini, berasa seperti lebaran karena banyak makanan, serta saling mengunjungi untuk silaturrahmi. Yang kurang cuma salam tempel atau angpao lebarannya aja. 

Malam ini pokoknya rameee banget. 

Sampe-sampe ada odong-odong juga dan gratis juga lhooo... 

Banyak games-games buat anak-anak yang gratis. 

Ada permainan lempar bebek. Seperti permainan lempar gelang, tapi gelangnya lempar ke leher bebek beneran dari jarak yang sudah ditentukan. Anakku pengen banget menang di games lempar bebek ini. Katanya biar bebeknya dimasak neneknya nanti. Dia pengen makan bebek guys 😁

Anakku kesenangan... Anak bungsuku ini memang sangat suka maen games di pasar malam yang juga buka lapak di tempat kami malam ini. Pulang-pulang si bungsu bawa hadiah hasil dari permainan lempar gelang; centong nasi, detergent, dan saringan kelapa 😁

Aku histeris karena banyak yang gratis hehe

Suasana di depan jalan rumah kami

Suasana rame banget, beneran kayak di pasar

Odong-odong pun bikin lapak juga

Salam 



12 komentar:

  1. Wow ide bikin perayaan 17 AGustusannya keren, Kak ... di daerah saya gak ada .. di sini lomba2 yang konvensional saja. Saya ngebayangin, kayaknya banyak emak2 yang histeris ya :D

    BalasHapus
  2. Keren kali Kak Agustusannya....ga cuma silaturahmi, bisa saling icip makanan pula, serunyaaa...Benar-benar perayaan kemerdekaan. RT ku sepi ga ada apa-apa. hiks

    BalasHapus
  3. Acara malam begini memang lain sensasinya ya Kak. Sejenis pasar malam atau malam agustusan dengan beragam dagangan dan kuliner pasti bikin anak dan keluarga seneng.

    BalasHapus
  4. Menikmati momen 17 agustusan dengan jajan yang murah meriah nih. Seru juga ya

    BalasHapus
  5. ya ampun, unik banget tradisi Malam jajanan pasar Agustusan di Pekalongan. Seru banget pasti bisa icip2 berbagai jajan gratis, ya. duh, jadi pengen siomay nih

    BalasHapus
  6. Ya Allah kak seandainya di Medan ada acara kek gini, seru kali ya.
    Warga harus kompakan nih ya kak Biar tradisi jajanan pasar ini di malam 17 Agustusan berjalan lancar.
    Kakak nyiapin siomay sampe berapa porsi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niatnya sih 100an cha. Tapi ya begimana, diambilin sama para umat di rumah. Jadi ya gak nyampe cepek 😩

      Hapus
    2. Wiiih Keren lah kak. Btw kalo orang rumah ngambilin terus berarti itu enak banget. Bisa PO kek nya. Hehehe

      Hapus
  7. Keren! Ide perayaan HUT RI nya meriah banget
    Perlu dicontoh dan dilestarikan nih tradisinya itu. Rame ya karena kompak jadi kekeluargaan dan semangatnya makin tumbuh ya.

    BalasHapus
  8. Seru banget ya kak tradisi 17an di Pekalongan. Anak-anak jadi nambah pengalaman juga ngerasain perayaan kemerdekaan kayak gini

    BalasHapus
  9. Mantep banget Mba Malam Jajanan Pasar, apalagi gantian, ya.
    Kalau di aku setelah perlombaan, malam puncaknya ngadain karnaval. Terus yang buka stan jualan dari masing-masing RT.

    BalasHapus
  10. wah enak banget main di pasar malam gratis, jadi nostalgia :D

    BalasHapus