Manfaatkan Skincare yang Tidak Terpakai lagi

Assalammualaikum wr wb

Kamu tipe yang punya banyak produk kecantikan yang numpuk di meja rias kamu gak? Kalau aku sih ada, tapi gak bisa dan gak mau dikategorikan banyak juga. Tergeletak begitu saja setelah satu atau dua kali pemakaian. Karena aku pakai make up kalo kondangan doang, dan aku jarang dapat undangan kondangan. Terutama di tempat baru ku ini. Gaya kondangannya beda sama gaya kondangan di Medan, yang kudu meriah ngalah-ngalahin penganten. Di sini mah, pake daster bagusan dikit, dah oke datang ke acara kondangan.

Nah, kalau kamu punya banyak make up yang terbengkalai dan sampai kadaluwarsa, yang rasanya itu pun sayaaanggg banget kalo harus disingkirkan. Ya jangan keburu dibuang ya temans! Karena di tulisan kali ini ada tips memanfaatkan beauty product yang gak terpakai.

Pinisirin ndak...? Pinisrin donggg.... Gak pinisirin? Udah.... pinisirin ajahhh...

LIPSTICK

Kebanyakan perempuan mempunyai lebih dari satu buah lipstick, saya begitu sih. Karena jumlah lipstick yang terlalu beragam ini, menjadikannya jarang digunakan. Nah, lipstick ini  bisa dialihkan fungsinya menjadi instant blush on. Kamu bisa mengaplikasikannya terlebih dahulu di punggung tangan, lalu aplikasikan sedikit di pipi, lalu tap-tap atau balurkan dengan jari.

Selain itu, lipstick juga bisa dijadikan colour corrector di bawah mata atau dark spot di bagian wajah kamu sebelum nantinya ditimpa produk concealer. 

Namun apabila lipstickmu terlanjur meleleh atau kadaluwarsa, kamu bisa menjadikannya pewarna kuku atau kuteks. Caranya, kamu tinggal mencampurkannya dengan kuteks bening, dan aplikasikan ke area kuku kamu.

PELEMBAB WAJAH 

Jika pelembab wajah yang kamu beli ternyata bikin breakout atau memiliki efek samping yang kurang baik bagi wajah kamu, gak usah khawatir. Pelembab dapat digunakan untuk kuku. Kuku jadi terjaga kelembabannya. Kamu tinggal oleskan pelembab ke bagian kutikula dengan sedikit gerakan memijat. Tapi jika kamu mengaplikasikannya pada malam hari sebelum tidur, sebaiknya kamu balut kedua tangan kamu dengan saputangan setelah dioleskan pelembab tadi dan diamkan semalamam agar perawatannya meresap sempurna.

Tidak hanya untuk kuku, pelembab bisa juga dimanfaatkan ke urusan rambut. Oleskan pelembab di sekitar tengah hingga ujung rambut sebelum kamu menyemprotkan hair spray. Dengan cara tersebut rambut kamu jadi lebih halus dan membuat rambut jadi mudah diatur. Rambut juga jadi gak kering walau memakai hair spray seharian.

Fyi, saya belum pernah praktekin yang buat rambut ya...

LIP BALM

Memilih lipbalm katanya tricky ya... Saya jarang pake soalna. Karena katanya nih, lipbalm sering gak efektif ngelembabin bibir. Bener gak sih...

Tapi walau gak sempurna kalau digunakan di bibir, tapi cukup oke digunakan di alis. Kamu aplikasikan ke alis, lalu dengan pensil alis kamu rapikan de alisnya. lipbalm akan membuat kamu seperti menggunakan pomade alis yang dibalurkan dan membuat tampilan alis tentunya jadi lebih rapi.

Tapi kalau lipbalm kamu ternyata udah kadaluwarsa, lipbalm bisa jadi solusi untuk sepatu yang kotor. Oleskan lipbalm yang kadaluwarna tersebut ke bagian sepatu lalu lap secara perlahan. Sepatu akan terkesan lebih bersih dan berkilau. Wajah dan sepatu jadi sama-sama glowing.

KUTEKS

Kalau kamu suka mengoleksi kuteks. Dan saking banyaknya kuteks kamu, sampe-sampe sisa banyak dan terlanjur kadaluwarsa. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mewarnai pernah-pernik kamu. Mewarnai jepit rambut yang sudah kusam warnanya. Atau menuliskan nama kamu ke benda-benda kesayangan, menandai barang-barang milikmu.

CLEANSING OIL

Cleansing oil itu mahal. Kalau gak terpakai, kok rasanya kok mubazir gituh kan... Nah kamu bisa jadiin cleansing oil sebagai pembersih furniture kayu di rumah, supaya jadi lebih cantik, tampak baru dan mengkilat.

TONER

Toner bisa dimanfaatkan sebagai pembersih layar laptop, layar handphone, perabot rumah dan kaca. Pada umumnya toner mengandung alkohol yang membuat barang-barang bisa bersih dari bakteri. Bisa juga buat bersihkan tas dan sepatu juga. Tas dan sepatunya  kamu lap dengan menggunakan toner, jadi lebih shiny de...

Nah itu lah beberapa produk kecantikan yang bisa dimanfaatkan sekalipun produk tersebut sudah kadaluwara. 

Dari produk di atas, mana produk yang sering kamu beli, tapi sering kamu abaikan begitu saja..? Coba cerita di kolom komentar.

3 komentar:

  1. Memanfaatkan skincare yang tidak terpakai mengurangi limbah dan membantu menghemat biaya. Produk dapat digunakan untuk perawatan tubuh lainnya, seperti pelembap tangan atau kaki, sehingga lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Baru tahu lip balm bisa dipake alis dan cleansing oil dipake buat bersihin furniture rumah tangga😭 mungkin bisa jadi ide kalau ada barang kosmetik yang sudah kadaluarsa nantinya agar tidak memperbanyak limbah. Makasih infonya Bu Vi

    BalasHapus
  3. Wah, aku yang sering pelembap wajah nih ..dah kadung beli eh ga cocok, bikin breakout huhuhu. Bisa dicoba buat pelembap kuku atau rambut kalau gitu

    BalasHapus